Friday, December 20, 2019

kraksaan online

SHARE

kraksaan online


Wabup Timbul Pimpin Apel Kesiapsiagaan PB Dan Pelayanan Kesehatan

Posted: 19 Dec 2019 08:03 PM PST

GENDING – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko memimpin apel kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana (PB) dan pelayanan kesehatan dalam rangka Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Jum'at (20/12/2019) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul juga melakukan pengecekan pada kelengkapan sarana prasarana yang tersedia dan personel di tengah tengah apel kesiapsiagaan. Turut mendampingi Wabup Timbul dalam kesempatan tersebut Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setiono dan Kapten Czi Dulmajit selaku Danramil Tiris.

Kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan TNI/Polri dari Polres Probolinggo dan Dandim 0820 Probolinggo.

Apel kesiapsiagaan ini diikuti oleh personil dari Polres Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo, Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Damkar Kabupaten Probolinggo, Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo, Orari, Pramuka, Tagana, PMI dan Tim Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, apel kesiapsiagaan tersebut juga melibatkan 33 puskesmas, 6 (enam) rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo maupun non Pemerintah Kabupaten Probolinggo (awasta) yang dikomandani oleh Ipda H. Wiyono, Kanit Sabara Polsek Pajarakan.

Apel kesiapsiagaan ini dilakukan setiap tahun yang berperan penting dalam memberikan keamanan pada situasi Hari Natal dan Tahun Baru. Dimana kegiatan ini mengandung implikasi positif untuk saling lebih mengenal dan memahami tupoksinya masing-masing. Harapannya melalui apel inilah dapat tercipta interaksi dan komunikasi yang merupakan prasyarat dalam mewujudkan tatanan sosial yang kondusif, aman dan tentram.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan apel kesiapsiagaan ini sebagai wujud kesiapsiagaan dalam mendukung kelancaran dan keamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun baru 2020. Dimana momentum peringatan Natal dan Tahun Baru bersamaan cuti bersama dan libur sekolah akan berdampak meningkatnya lalu lintas yang menggunakan akses jalan.

"Pada tahun 2019 ini, pengamanan Natal dan Tahun Baru lebih menitikberatkan pada operasi kemanusiaan. Selain mengantisipasi terjadinya aksi terorisme, juga mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah. Aparat keamanan TNI/Polri dapat mendeteksi adanya ancaman tersebut dengan mengerahkan seluruh sumber daya dan peralatan yang dimiliki. Lembaga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan lembaga sosial masyarakat selalu mewaspadai terjadinya bencana alam," katanya.

Wabup Timbul menegaskan, sinergitas, komunikasi dan koordinasi harus lebih ditingkatkan. Semua pihak harus membuang ego sektoral saat penanganan bencana yang merupakan tanggung jawab bersama. "Dengan kerjasama yang baik akan mempermudah tugas dalam memberikan pengamanan dan penanggulangan bencana," pungkasnya. (y0n)

6.733 KPM Terima Program PKH Plus Sebesar Rp 3,3 M

Posted: 19 Dec 2019 07:08 PM PST


KRAKSAAN – Sebanyak 6.733 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Probolinggo menerima program Bantuan Sosial Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) atau Program Keluarga Harapan (PKH) Plus tahap IV tahun 2019 sebesar Rp 3.366.500.000. Bantuan ini merupakan program prioritas Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa.

Dalam program Jaslut atau PKH Plus ini, masing-masing KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta selama setahun yang disalurkan dalam 4 (empat) tahap. Dimana setiap tahap, masing-masing KPM menerima bantuan PKH Plus sebesar Rp 500 ribu.

Penyaluran bantuan Jaslut atau PKH Plus ini dilakukan melalui Bank Jatim di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo secara bergilir selama 4 (empat) hari. Selasa (17/12/2019), penyaluran dilakukan di Kecamatan Tongas dan Sumberasih. Kemudian Kamis (19/12/2019), penyaluran dilakukan di Kecamatan Sukapura, Lumbang, Sumber, Kuripan, Pakuniran dan Kotaanyar.

Selanjutnya Jum'at (20/12/2019), penyaluran dilakukan di Kecamatan Gending, Pajarakan, Krejengan, Banyuanyar, Bantaran, Wonomerto dan Kraksaan. Serta Sabtu (21/12/2019), penyaluran dilakukan di Kecamatan Tegalsiwalan, Leces, Besuk, Tiris, Gading, Krucil, Maron, Paiton dan Dringu.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Achmad Arif mengungkapkan program Jaslut atau PKH Plus merupakan salah satu program utama dari Nawa Bhakti Satya, khususnya Jatim Sejahtera Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa. Program ini merupakan pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga atau warga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin.

"Tujuan PKH Plus ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup, mengentaskan kemiskinan para lansia dan keluarga kurang mampu melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial serta mengurangi beban pengeluaran. Program ini memberikan perhatian khusus kepada lansia terlantar, perempuan kepala keluarga rentan dan penyandang disabilitas," ungkapnya.

Menurut Arif, PKH Plus memiliki tingkat efektivitas yang tinggi untuk penurunan kemiskinan. Harapannya kegiatan ini bisa memberikan makna bahwa lansia tidak terpinggirkan dan mampu merekatkan persaudaraan dan silaturahim diantara sesama.

"Semoga dengan adanya program Jaminan Sosial Lanjut Usia atau PKH Plus ini para lansia di Kabupaten Probolinggo dimasa hari tuanya ini tetap terjaga gizinya dan hidup sehat," harapnya. (Dimas)


Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Musnahkan BB Miras, Narkoba Dan Knalpot Brong

Posted: 19 Dec 2019 07:58 PM PST


PAJARAKAN – Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Probolinggo melakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) berupa minuman keras (miras), narkoba dan knalpot brong.

Kegiatan ini digelar di halaman Mapolres Probolinggo, Kamis (19/12/2019) usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Barang bukti dimusnahkan dengan 3 cara diantaranya diblender untuk SS dan koplo, knalpot brong dipotong-potong dan miras dilindas dengan alat berat.

Pemusnahan BB ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Moh Happy didampingi sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), jajaran Forkopimda, Kapolsek dan Danramil serta perwakilan perusahaan dan organisasi kemasyarakatan.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara pemusnahan Barang Bukti (BB) oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Dilanjutkan dengan pemusnahan/penghancuran BB miras, narkoba dan knalpot brong.

Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 1.167 botol minuman keras berbagai merk, 5000 butir pil dextro & tryhexpendil, sabu-sabu (SS) sebanyak 10.4 gram serta knalpot brong dan kendaraan bermotor roda 2 protolan.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan pemusnahan barang bukti ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyalahgunaan barang bukti menjelang pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Dengan pemusnahan ini saya berharap masyarakat mengetahui jika pihaknya tidak hanya meringkus para pelaku kriminal, melainkan juga memastikan BB hasil tindak kejahatannya tidak disalahgunakan," harapnya. (Dimaz)


Polres Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

Posted: 19 Dec 2019 07:05 PM PST


PAJARAKAN – Dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Probolinggo menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru Tahun 2019 di halaman Mapolres Probolinggo, Kamis (19/12/2019) pagi.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 ini diikuti oleh personil TNI (POM AD dan Kodim 0820 Probolinggo), Polres Probolinggo, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, Orari, Senkom Mitra Polri serta Pramuka Saka Bhayangkara

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto ini mengambil tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020".

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Moh. Happy didampingi sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat dan Forkopimka se-Kabupaten Probolinggo, perwakilan perusahaan dan organisasi kemasyarakatan (ormas) serta pejabat jajaran Polres Probolinggo.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani bagi seluruh anggota yang bertugas dalam Operasi Lilin Semeru 2019.

"Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," katanya.

Kapolres meminta agar memastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

"Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. Lebih penting lagi, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto didampingi Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Moh. Happy dan Forkopimda melakukan pengecekan pasukan. Dilanjutkan penyematan pita tanda pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019 kepada perwakilan anggota Polri, TNI dan Dishub Kabupaten Probolinggo. (Dimas)


SHARE

Author: verified_user

0 comments: