Wednesday, July 4, 2018

Demi Jatiurip Semakin Hidup Bersama KKN UM

SHARE

kraksaan online


Posted: 04 Jul 2018 12:12 AM PDT
Oleh : Ulfiatul Jannah
Universitas Negeri Malang 2018
JURNAL WARGA PROBOLINGGO - Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini mengirimkan 26 mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. KKN di daerah Probolinggo ini merupakan salah satu jenis KKN yaitu KKN pulang kampung. Mahasiswa dapat mengabdi di daerah asal dan program disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Jadi, 26 mahasiswa ini berasal dari Kabupaten dan Kota Probolinggo dari Paiton hingga Leces.



KKN atau pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 45 hari mulai 19 Mei hingga 9 Juli 2018. Selama 45 hari tersebut mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Jatiurip. Sesuai pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Desa Jatiurip, Bapak Saleh Kusni saat sambutan upacara pembukaan (22/5) bahwa hal yang perlu dikembangkan ialah keaktifan kembali karang taruna. Oleh karena itu dengan empat divisi yaitu Divisi Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan Jasmani dan Rohani serta Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat, banyak sasaran kegiatan ialah karang taruna selain perangkat desa dan masyarakat pada umumnya.

Divisi pendidikan melaksanakan pelatihan public speaking dan power point, pelatihan mengetik 10 jari untuk perangkat desa serta program pondok ramadhan aktif dan kreatif dengan berbasis IT. Divisi Ekonomi dan Kesejateraan Masyarakat melaksanakan pelatihan pencatatan BUMDes, seminar copywriting dan seminar strategi pemasaran UMKM berbasis online. Sedangkan divisi Keagamaan mengadakan penyuluhan memandikan dan mengafani jenazah, pelatihan tilawatil Quran bagi anak tingkat SD, serta membersihkan dan memfasilitasi masjid. Selain itu divisi Kesehatan Jasmani dan Rohani mengadakan pembinaan olahraga sepak bola dan voli, penyuluhan kesehatan balita dan lansia. Selain yang disebutkan di atas, terdapat program kerja bersama yaitu Peringatan Nuzulul Quran dan Santunan Anak Yatim.



Minggu (1/7/2018), telah diselenggarakan acara Halal Bihalal dan Pisah Kenang KKN UM di Balai Desa Jatiurip. Acara ini dihadiri oleh bapak dan ibu kepala desa, perangkat desa, Ketua Kelompok Tani dan Karang Taruna serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Muslihati. Beliau juga berasal dari Desa Jatiurip sehingga telah mengenal seluk beluk Jatiurip. Acara ini juga diisi ceramah agama oleh KH Abdul Wasik Hannan. Beliau mengingatkan hadirin untuk selalu mengejar ridho Allah dengan begitu urusan dunia akan mengejar kita, bukan sebaliknya.
Sambutan dan penerimaan yang baik dari masyarakat sekitar membuat mahasiswa KKN nyaman dan lancar dalam melaksanakan kegiatan. Antusiasme masyarakat juga terlihat dengan mengikuti atau menghadiri acara yang diadakan mahasiswa. Keramahan masyarakat juga menjadikan mahasiswa mudah mengikuti cara bermasyarakat Jatiurip yang kental akan agama.(*)

BACA :


SHARE

Author: verified_user

0 comments: