Sunday, August 5, 2018

kraksaan online

SHARE

kraksaan online


Embun Salju Selimuti Kawasan Bromo

Posted: 05 Aug 2018 07:56 AM PDT

BROMO,KRAKSAANONLINE.COM - Akibat cuaca ekstrem yang hingga menyentuh angka 2 derajat celcius membuat tanaman maupun lahan pertanian warga di kawasan obyek wisata Gunung Bromo, Jawa Timur membeku, seakan tengah diguyur hujan salju.



Menurut penuturan salah seorang warga setempat, kondisi seperti itu sudah dirasakan sejak 4 hari terakhir. "Sudah 4 harian seperti ini dinginnya, padahal biasanya tidak. Semoga tidak terus-terusan, takutnya mengganggu ke kesehatan," kata Winarni, warga Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Sabtu, 04 Agustus 2018, dikutip dari detik.com.

Dia mengungkapkan, biasanya suhu mulai dirasakan sangat dingin ketika sudah berada di pukul 00.00 dini hari hingga 06.00 WIB. "Mulai terasa dinginnya saat menjelang pagi, Pak, sampai matahari terbit," ungkapnya, lebih lanjut.



Masih dikutip dari detik.com, bahwa kondisi terparah terjadi di areal Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo. Dari saking dinginnya suhu, sebagian pasir di daerah tersebut berubah menjadi butiran-butiran menyerupai salju. Fenomena tersebut sempat diabadikan dalam bentuk video oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo, Ahmad Subhan, kemudian diunggah ke YouTube.

Dalam video berdurasi sekitar 51 detik itu terlihat rumput dan ilalang, di sekitar Pos Pengamatan Gunung Bromo, daunnya memutih tertutup embun beku. Pos Pantau Gunung Bromo berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak kawah Gunung Bromo. (detik.com/alif/vem)

BACA :

SHARE

Author: verified_user

0 comments: