Wednesday, October 10, 2018

kraksaan online

SHARE

kraksaan online


Pesona Destinasi Wisata Pantai Bohay Paiton

Posted: 10 Oct 2018 03:22 PM PDT

Suasan pantai bohay di malam hari /trisianto
PAITON - Pantai Bohai (Bhinor Harmoni) kian hari makin ramai oleh pengunjung. Pantai wisata yang berlokasi di kawasan PLTU Paiton ini menjanjikan pesona yang berbeda dengan pantai – pantai wisata lainnya di Kabupaten Probolinggo.

Pantai yang memiliki hamparan terumbu karang yang terawat serta potensi perikanan yang terjaga baik oleh masyarakatnya itu kini menjadi jujukan bagi masyarakat Paiton dan sekitarnya untuk berwisata murah meriah dan berwawasan lingkungan.

Cafe pantai dan beberapa wahana wisata bahari menjadi suguhan utama bagi setiap pengunjung yang memilih pantai Bohai sebagai destinasi wisata. Snorkeling dan Diving merupakan menu utama di pantai wisata yang di kelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Keranji desa Bhinor kecamatan Paiton ini.

Jika dua wahana olahraga tersebut terlalu menantang, masih ada satu lagi menu wisata yang ditawarkan, yaitu paket Fishing trip. Bagi penggemar olahraga memancing di perairan lepas tentu menu yang satu ini layak untuk di coba, pasalnya masyarakat nelayan Bhinor telah menyiapkan beberapa rumpon yang telah banyak dihuni Ikan – Ikan pelagis maupun Ikan karang seperti kerapu dan kakap merah yang selalu siap menyambar umpan dari atas perahu.

"Untuk Senorkeling hanya dikenakan tarif 120 ribu per orang dan minimal 8 orang setiap kelompok, sedangkan untuk Diving kami kenakan tarif 350 ribu per orang dan minimal 3 orang. Sementara untuk paket Fishing Trip kami hanya memasang tarif 500 ribu untuk maksimal 8 orang per perahu," jelas Zainal Abidin Sekretaris Pokmaswas Keranji Bhinor.

Zainal Abidin mengemukakan, pantai Bohai memiliki atraksi wisata yang berbeda pada siang dan malam hari. Jika siang hari pengunjung dijamu suguhan wisatanya yang lengkap, sementara suasana pantai pada malam hari pun juga memiliki daya tarik tersendiri.

"Lengkap dengan latar pemandangan khas suasana kawasan PLTU Paiton di malam hari membuatnya tidak hanya digemari muda – mudi saja. Suasana pantainya yang tenang nan romantis juga sangat tepat untuk wisata keluarga," kata Zainal berpromosi.

Sementara Nur Ahmad (36) salah satu pengunjung asal kota Kraksaan mengaku takjub dengan suasana malam pantai Bohai ini. Karena lokasinya yang mudah dijangkau dan berdekatan dengan jalan Raya Panglima Sudirman dirinya tidak keberatan meski harus menempuh jarak yang lumayan jauh.

"Perpaduan suara debur ombak dan temaram lampu ala cafe pantai Bohai pada malam hari sangat cocok sebagai pelepas lelah bahkan sekedar untuk kongkow dan mencari inspirasi," ungkapnya sambil menikmati kopinya. (Trisianto)

Simak Cuplikan Videonya (sumber : youtube/kamil efendi)

Pemkab Sosialisasikan Perbup Badan Permusyawaratan Desa

Posted: 10 Oct 2018 03:34 PM PDT

KRAKSAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memberikan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (10/10/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu ruang pertemuan Kantor Bupati Probolinggo ini diikuti oleh 48 orang peserta terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan dan Ketua Apdesi Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Perbup Nomor 17 Tahun 2018 Tentang BPD kepada seluruh Kasi Pemerintaha Kecamatan dan Ketua Apdesi Kecamatan di Kabupaten Probolinggo. "Hal ini sebagai persiapan menjelang pelaksanaan pemilihan BPD yang sudah habis masa baktinya ada tahun 2019," ungkapnya.

Lebih lanjut Syamsul berharap semoga pelaksanaan proses demokrasi skala desa berupa pemilihan BPD bisa berlangsung lancar, aman dan terkendali sehingga stabilitas keamanan di Kabupaten Probolinggo tetap kondusif. Terlebih tahun 2019 akan ada pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), pemilihan BPD dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

"Fokus utama dari kegiatan ini supaya masing-masing unsur memahami akan tugas dan kewajiban dalam pemilihan BPD. Mulai dari apa yang harus dipersiapan pada waktu persiapan hingga pengangkatan," tegasnya.

Dalam Pasal 2 ayat 1 Perbup Nomor 17 Tahun 2018 Tentang BPD disebutkan bahwa keanggotaan BPD merupakan wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan.

"Ketentuan ini dipertegas dalam Pasal 2 ayat 1 yang menyebutkan penentuan jumlah keanggotaan BPD sebagaimana ayat 1 ditetapkan, jumlah keanggotaan BPD 5 orang ndengan jumlah penduduk desa kurang dari 3.000 jiwa dan jumlah keanggotaan BPD 7 orang dengan jumlah penduduk desa diatas 3.000 jiwa," jelasnya.

Syamsul menegaskan fungsi BPD sesuai dengan pasal 20 diantaranya membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa. "Serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa," terangnya.

Sementara pada Pasal 21 disebutkan BPD mempunyai tugas menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah BPD, menyelenggarakan musyawarah desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa dan menyelenggarakan musyawarah desa khusus untuk pemilihan kepala desa antar waktu.

"Selain itu, membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, melaksanakan pengawasan terhadap kinerja kepala desa, melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa, menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya serta melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya.

Selain sosialisasi Perbup BPD, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan Perbup Probolinggo Nomor 41 Tahun 2018 Tentang Daftar Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa di Kabupaten Probolinggo. (Zidni Ilman)

Video : Detik-detik Penangkapan Orgil yang Membacok Penjual Es Dawet

Posted: 10 Oct 2018 12:45 AM PDT



Probolinggo, KraksaanOnline.com – Sempat geger dan meresahkan warga, usai melakukan pembacoka ke penjual es dawet. Naim (45) warga Desa Gunggungan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, akhirnya berhasil ditangkap oleh warga setempat.

Naim, melakukan pembacokan itu, terhadap Kusnadi (58) warga Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, saat berjualan es dawet di halaman sekolah MI Darul Ulum Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, pada Sabtu (6/10/2018) lalu.

Pelaku Naim, akhirnya ditangkap oleh sejumlah warga Kertonegoro, Pakuniran, saat ia berjalan di areal hutan. Selanjutnya, oleh warga, Naim, diserahkan ke Mapolsek Pakuniran, Rabu (10/10/2018).

Kapolsek Pakuniran Iptu Habi Sutoko mengungkapkan, saat ditangkap oleh warga, Naim masih dalam posisi membawa celuritnya, sempat bergumul dengan warga. Bahkan, warga yang menangkapnya terkena sabetan celurit Naim.


Naim, Pembacok Penjual Es Dawet Akhirnya Diamankan Warga

Posted: 09 Oct 2018 11:47 PM PDT

Rabu 10 Oktober 2018
Penulis: Cahyo

Probolinggo, KraksaanOnline.com  –  Sempat geger dan meresahkan warga, usai melakukan pembacoka ke penjual es dawet. Naim  (45) warga Desa Gunggungan,  Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, akhirnya berhasil ditangkap oleh warga setempat.

Naim, melakukan pembacokan itu, terhadap Kusnadi (58) warga Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, saat berjualan es dawet di halaman sekolah MI Darul Ulum Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, pada Sabtu (6/10/2018) lalu.

Kusnadi, yang mengalami luka parah dibagian perutnya akibat sabetan celurit Naim, akhirnya dilarikan ke rumah sakit Rizani di Paiton.

Pelaku Naim, akhirnya ditangkap oleh sejumlah warga Kertonegoro, Pakuniran, saat ia berjalan di areal hutan.  Selanjutnya, oleh warga, Naim, diserahkan ke Mapolsek Pakuniran, Rabu (10/10/2018).

Kapolsek Pakuniran Iptu Habi Sutoko mengungkapkan, saat ditangkap oleh warga, Naim masih dalam posisi membawa celuritnya, sempat bergumul dengan warga. Bahkan, warga yang menangkapnya terkena sabetan celurit Naim.

"Saat ini, Naim diamankan di Polsek Pakuniran," tutur Habi, mantan Kasi Propam Polres Probolinggo itu, saat dikonfirmasi www.kraksaanonline.com.

Saat ini lanjut Habi, meski Naim, mengalami gangguan kejiwaan, pihaknya kepolisian tetap sesuai prosedur memeriksa Naim, yang merupakan pelaku penusukan Kusnadi.

"Kami harus sesuai prosedur, dengan memeriksa Naim, meski ia mengalami gangguan kejiwaan. Nanti kita tunggu hasilnya seperti apa," tutupnya.(chy)

Editor: Firman



SHARE

Author: verified_user

0 comments: