Sunday, October 21, 2018

kraksaan online

SHARE

kraksaan online


Caleg Nasdem Nomor 2 Rika Aprilia Wijayanti, Gotong Royong Bangun Jalan

Posted: 21 Oct 2018 02:41 PM PDT

DRINGU - Ketua DPC Partai Nasdem, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Rika Aprilia Wijayanti, Gotong Royong bersama ratusan warga untuk membangun jalan paving di desa Taman Sari.

Gotong Royong saling bahu membahu membangun jalan paving yang menuju ke Makam Umum tersebut, dilakukan pada Minggu (21/10) pagi.

"Akses jalan ini menuju ke Makam umum di dusun Darungan,"jelas Rika.

Rika yang juga Caleg Nasdem Nomor urut 2 dari Dapil I (Dringu, Gending, Pajarakan dan Krejengan) menyatakan, kalau jalan tersebut sebelumnya merupakan tanah biasa.

"Alhamdulillah, warga semangat gotong royongnya sungguh luar biasa. Jadi semua pekerjaan kalau di kerjakan secara bersama-sama akan terasae mudah,"ungkap Rika.(*)

Sinergitas Beberapa Elemen Lokal dan Pemerintah Meriahkan Festival Kampung Bago Jilid #3

Posted: 21 Oct 2018 04:02 AM PDT

BESUK - Festival Kampung Bago (FKB) ibarat surga bagi para pecinta seni budaya dalam berkarya dan menyalurkan hasrat seninya. Berkat Eksistensi Pemuda Kampung Bago bersama Japung Nusantara di bidang seni budaya, kini banyak mata mulai melirik desa Bago kecamatan Besuk, motivasi dan dukungan berbagai pihak pun turut mendongkrak semangat lokal untuk semakin maju.

Hal ini terlihat dalam pelaksanaan FKB # 3 yang kali ini dikemas lebih fresh dan banyak bersinergi dengan berbagai pihak. Diantaranya adalah sinergi bersama lembaga pendidikan dan tim penggerak PKK kecamatan Besuk. Karnaval dan kirab Gunungan, Taman Literasi serta stand bazar kuliner lokal pun sukses mewarnai jalannya FKB # 3 hari pertama, Sabtu (28/10/2018) siang.

Selain dukungan element lokal, Kali ini FKB juga mendapatkan perhatian dari beberapa OPD Kabupaten Probolinggo. Hadir di hari pertama tersebut M. Sidik Widjanarko, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo bersama perwakilan Bappeda, Dinas PMD, dan Diskominfo Kabupaten Probolinggo.

Kehadiran mereka pun disambut segenap panitia dalam sebuah Talkshow yang terasa begitu mengalir melalui obrolan – obrolan ringan namun begitu inspiratif. Salah satunya disampaikan oleh M. Sidik Widjanarko yang mengapresiasi eksistensi FKB yang selalu memiliki kemasan unik dan berbeda setiap tahunnya. Hal ini disebut Sidik memiliki daya tarik tersendiri dan bernilai wisata. Olehnya kedepan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan support lebih jauh.

"Aktivitas seni dan budaya seperti ini Ideal nya memang harusnya berjalan selaras dengan pariwisata sehingga akan menghasilkan sesuatu yang luarbiasa dan manfaatnya akan lebih luas bagi masyarakat."Ungkapnya.

Lebih lanjut Sidik mengungkapkan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bago dan segenap penggerak seni budaya di Desa Bago atas semangat nya memunculkan dari bawah karya dan seni budaya lokal yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia.

"FKB adalah sebuah apresiasi seni dan budaya yang mandiri tanpa harus menunggu pemerintah dan sponsor. Seperti Inilah yang diinginkan oleh pemerintah, seperti yang kita lihat bersama dengan melakukan aksi nyata maka semuanya merapat untuk mendukung gerakan ini," tandasnya.

Senada pula dengan apa yang diungkapkan oleh Anna Maria DS. Sekretaris Bappeda Kabupaten Probolinggo. Apa yang telah dilakukan Pemuda Kampung Bago adalah contoh untuk ditiru oleh para pemuda di desa lainnya. Anna Maria Apresiasi kepada japung nusantara yang telah berhasil mendongkrak jiwa seni budaya masyarakat desa Bago.

"Kami harap hal ini sebisanya di tularkan di desa lainnya karena Probolinggo sangat kaya dengan seni budaya. Monggo merapat dan kita sosialisasikan untuk menjaring desa – desa yg lain untuk tergabung kedalam jaringan agar mampu melakukan hal yang sama, karena memang manfaatnya sangat luar biasa," pungkasnya. (Trisianto)

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pelamar CPNS Kota Probolinggo 2018

Posted: 20 Oct 2018 11:13 PM PDT

Klik link di bawah ini untuk download pengumuman dan lampiran hasil seleksi administrasi pelamar CPNS Kota Probolinggo Tahun 2018

Download Pengumanan
Download Lampiran

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pelamar CPNS Pemkab Probolinggo 2018

Posted: 20 Oct 2018 10:07 PM PDT

Klik link di bawah ini untuk download pengumuman dan lampiran hasil seleksi administrasi pelamar CPNS Pemkab Probolinggo Tahun 2018

Download Pengumanan
Download Lampiran

source
probolinggokab.go.id

Gerakan Sadar Wisata Dan Aksi Sapta Pesona, Kemenpar RI Dan Disporaparbud Bersih Bersih Pantai Bentar

Posted: 20 Oct 2018 06:05 PM PDT

GENDING - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mendorong tumbuh kembang kepariwisataan, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahrga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo menggelar acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, Sabtu (20/10/2018) di obyek Wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Kegiatan ini dihadiri oleh M. Sidik Widjanarko selaku Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Arum Darmaningtyas perwakilan dari Kemenpar RI dan Camat Gending Muhamad Ridwan bersama anggota Forkopimka Gending. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, pelaku jasa wisata, asosiasi profesi dan masyarakat sekitar Pantai Bentar.

Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan salah satu dari 10 program proritas Kemenpar untuk mendorong sinegritas pemerintah dengan stakeholder dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan Indonesia.

Menurut Kepala Disporaparbud M. Sidik Widjanarko, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kemajuan dan perkembangan potensi potensi wisata khususnya destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo.

"Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini diharapkan dapat mendorong pengembangan potensi wisata di Kabupaten Probolinggo agar lebih maju dan berkembang." Dengan Aksi Sapta Pesona ini dapat menyatukan seluruh komponen pelaku aksi wisata maupun para pelaku jasa wisata, sehingga wisatawan dapat menikmati wisata di Kabupaten Probolinggo dan memiliki kesan yang baik,"jelas Sidik.

Perwakilan dari Kemenpar Arum Darmaningtyas menyatakan, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan implementasi salah satu unsur Sapta Pesona yaitu aman dan bersih.

"Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mensosialisasikan Sadar Wisata dan Sapta Pesona guna mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan," jelas Arum.

Pada acara tersebut diserahkan bantuan alat-alat kebersihan yang diserahkan langsung oleh Arum Darmaningtyas kepada Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko.

Acara pagi itu dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan di dalam kompleks Wisata Pantai Bentar oleh semua undangan dan peserta. Dengan bergotong royong mereka membersihkan sampah yang ada di sekitar hingga setiap sudut Pantai Bentar.(y0nO)

Yuk Intip Kemeriahan Festival Kampung Bago Jilid #3

Posted: 20 Oct 2018 05:53 PM PDT

BESUK - Seruuuuuuu…..! Pelaksanaan Festival Kampung Bago (FKB) # 3 Sabtu (20/10/2018) siang, ditandai dengan "Grebek Gunungan" oleh warga masyarakat. Tua muda, laki – laki perempuan bahkan sampai anak – anak kecil pun tidak mau ketinggalan memperebutkan hasil bumi yang terdapat pada Gunungan yang baru saja di kirab itu.

Sebelumnya Gunungan yang dirangkai dengan berbagai macam jenis dan warna hasil bumi itu dikirab bersama iring iringan karnaval pendidikan yang di inisiasi oleh seluruh lembaga pendidikan di desa Bago. Seakan tidak mau ketinggalan salamualaikum memeriahkan festival tahunan ini segenap masyarakat Bago pun ikut mengawal jalannya Kirab.


"Karnaval dan kirab Gunungan ini menempuh jarak kurang lebih 3 km, dengan mengambil start di kantor desa dan finish di Eks bumi perkemahan Bago yang menjadi lokasi FKB # 3," kata Subagyo Hadi Santoso, kepala desa Bago saat mengawal jalannya Kirab Gunungan.

Hadi mengemukakan, kirab Gunungan ini merupakan agenda rutin setiap tahun di desa nya, yaitu pada setiap menyambut selamatan desa dan sejak tiga tahun terakhir selalu bersamaan dengan agenda FKB.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, sebelum di kirab, Gunungan tersebut sebelumnya di doakan oleh para sesepuh desa di balai desa seraya memohon kepada Allah Swt. atas kebarokahan rejeki yang telah diterima masyarakat desa Bago selama ini.

"Gunungan ini sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Allah Swt. atas segala rejeki yang telah kami terima baik kesehatan, kemudahan dan melimpahnya hasil bumi di desa kami," pungkasnya.

Sementara Dian Mega Puji Rahayu, ketua panitia FKB # 3 kali ini mengaku puas atas apa yang telah disajikan ini. Dari tahun ke tahun FKB disebutnya seperti bermetamorfosis. Dari yang awalnya terlihat begitu sederhana kini FKB telah muncul dengan penuh warna warni dan pesonanya.


Ia berharap FKB ini tidak hanya berhenti di hastag 3, tapi akan ada seterusnya sampai generasi berikutnya. "Semoga kedepan desa Bago tercinta ini semakin dikenal luas tidak hanya karena FKB nya saja tapi juga dari segala potensi yang dimilikinya, masyarakat agrarisnya dan prestasinya," tandas gadis berjilbab ini. (Trisianto)

Selamatan Dan Ngaji Bersama Awali Festival Kampung Bago Jilid 3

Posted: 20 Oct 2018 05:43 PM PDT

BESUK - Untuk mengawali dilaksanakannya Festival Kampung Bago # 3, Pemuda Kampung Bago mengadakan selamatan dan ngaji bersama di makam mbah gunung dan mbah Ru (sesepuh Desa Bago), Jum'at (19/10/2018) sore. Hal ini merupakan salah satu nilai luhur yang diajarkan secara turun temurun di Desa Bago dan tetap di pertahankan sampai generasi saat ini.

Seperti yang telah dilakukan para pendahulunya, saat akan mengawali sesuatu pekerjaan besar di desa Bago kecamatan Besuk, mereka berziarah ke makam sesepuh desa seraya berdoa kepada Allah Swt. untuk memohon kelancaran dan keselamatan desa Bago.

"Alhamdulillah tradisi kulonuwun ini tetap lestari sampai generasi saat ini, dan hal ini bisa dilihat di rangkaian acara Festival Kampung Bago 3. Intinya ini merupakan ungkapan rasa syukur kami kepada Allah Swt. atas Jasa para pendahulu kami dan apa yang sudah kami peroleh," ungkap Subagyo Hadi Santoso kepala desa Bago

Hadi mengungkapkan salah satu sesepuh yang menjadi tokoh penting di balik keberadaan desa Bago adalah Mbah Gunung. Sedangkan nama desa Bago sendiri menurut ia adalah merujuk dari nama Mbah Gunung yang kemudian di singkat menjadi Bago.

"menurut cerita para pendahulu kami, Mbah Gunung adalah salah satu dari Telik Sandi kerajaan Majapahit pada saat masa kejayaan raja Hayam Wuruk. Saat itu Mbah Gunung ditugaskan untuk mengawasi di wilayah Bago yang dulunya adalah belantara," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Fajar, Humas Pemuda Kampung Bago. Sebagai seorang Pemuda Kampung Bago, dirinya mengaku bahwa salah satu yang menginspirasi dirinya bersama Pemuda Kampung lainnya adalah semangat sesepuh desanya.

"pelajaran hidup yang bisa kita petik adalah Perjuangan tanpa mengenal lelah untuk mengawali sebuah peradaban di tempat yang dulunya adalah antah berantah belantara. Alhamdulillah semangat ini terefleksikan melalui semangat berkarya dari para generasi penerusnya disini melalui karya seni," pungkasnya. (Trisianto)
SHARE

Author: verified_user

0 comments: